April 05, 2012

Sisko-TKLN Persempit Ruang Gerak Petugas Rekruit CTKI

Sistem Komputerisasi - Tenaga Kerja Luar Negeri.
Menurut Direktur Penyiapan Pemberangkatan BNP2TKI, Drs Arfin Purba MSi , per 1 Mei 2012 (Mayday) pemerintah akan melakukan pengetatan penempatan TKI Domestik Workers dengan jalan mengunci beberapa tahapan pelaksanaan dokumen TKI. 
Penguncian itu dilakukan mulai dari :
  • Keharusan PPTKIS untuk melakukan pendaftaran bagi setiap rekruitmen CTKI sektor domestik di kantor disnaker kab/ kota asal TKI.
  • Sistem pelatihan di Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) dengan durasi jam belajar 
  • Penguncian pada pemeriksaan kesehatan TKI.
Penguncian sudah dimulai sejak februari 2011 di Provinsi Jawa Barat dan disusul dengan penguncian melalui sistem pendaftaran Online TKI Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kini secara serentak seluruh Indonesia seluruh kabupaten sudah terkoneksi dengan Sisko-TKLN BNP2TKI.

Dia mencontohkan, saat ini ada 70 PPTKIS yang dipanggil BNP2TKI untuk memperbaiki data TKI. Perbaikan data itu berkaitan dengan data alamat TKI yang meragukan dan karena itu memerlukan verifikasi. Kata Arifin, di dalam data base yang masuk ada kesalahan dan hal ini bisa berdampak pada konsekwensi kemanusian terhadap TKI nantinya di negara penempatan.

Dicontohkannya TKI dari Banyuwangi tidak boleh dibawa ke Jakarta tanpa dilakukan registrasi di dinas asal TKI. “Per 1 Mei 2012 tidak ada lagi ruang untuk mengubah-ubah data. Karena BNP2TKI akan kunci per kabupaten di seluruh Indonesia,” tegasnya. Dia mengingatkan agar setelah 1 Mei ini jangan lagi TKI asal Cidaung, Kabupaten Cianjur dibuatnya alamatnya seolah-olah dari kota Subang.

Sumber : BNP2TKI

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar